Headlines News :

Ternyata Konsumsi Madu Dapat Sembuhkan Batuk

Share this post :
Save as to PDF
Ternyata Konsumsi Madu Dapat Sembuhkan BatukDi balik manfaat madu sebagai bahan alami untuk menyehatkan badan, kandungannya ternyata juga dapat digunakan sebagai obat batuk. Hal ini terungkap dalam sebuah riset yang dilakukan Ian Paul dari Rumah Sakit Pennsylvania State University. Dalam temuannya, Paul menemui bahwa madu bisa dijadikan obat batuk yang tidak berbahaya dibanding obat batuk farmasi pada umumnya.

Dalam studi ini Paul mengajak 105 anak yang mereka dibagi menjadi tiga kelompok. Anak-anak ini sedang menderita batuk. Kelompok pertama diberikan sirup dengan kandungan dextromethorpan. Kelompok kedua hanya diberikan madu Buckwheat. Sementara kelompok ketiga tidak mendapatkan obat apapun.

Hasilnya, hanya kelompok anak peminum madu yang malam hari masih bisa tidur dengan nyenyak dengan sesekali batuk. Sementara dua kelompok anak lainnya terlihat batuk-batuk saat tengah malam dengan intensitas lebih sering. Dua sendok madu Buckwheat yang diberikan kepada salah satu kelompok anak ternyata jauh lebih efektif dibandingkan sirup obat batuk dariindustri farmasi.

Namun Paul tidak merekomendasikan madu untuk anak-anak yang masih berusia dibawah satu tahun. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat anak mengalami botulisme. Bagi anak yang sudah lebih dari satu tahun, Paul merekomendasikan penggunaan madu sebagai obat batuk.

"Ketika orang tua ingin memberi sesuatu pada anak-anaknya, madu tampaknya merupakan pilihan terbaik," kata Paul, seperti dikutip situs Hidayatullah.

Perlu diketahui, menurut catatan dari Akademi Dokter Anak Amerika pada tahun 1997, rata-rata obat batuk yang ada di pasaran mengandung codeine dan dextromethorpan. Kedua bahan ini bukan penyembuh batuk. Cara kerjanya melakukan penyetopan perintah untuk batuk dari otak menuju tubuh, sehingga tidak langsung menuju sasaran penyebab batuk. Selain itu efek samping obat batuk dan pilek terbilang cukup serius seperti mengantuk, hiperaktif, halusinasi, sakit kepala, muntah, jantung berdebar, dan sebagainya.

Sumber
Silahkan masukan Email Anda untuk berlangganan gratis via email, dan Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Sekedar Tahu Saja..!!
Enter your email address:
Artikel terkait lainnya : Kesehatan

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Poskan Komentar

back next home
 
Copyright © 2011. Sekedar Tahu Saja - All Rights Reserved | Mobile Version
Template Created by Creating Website Published by Mas Template